Resume Kuliah Bersama Pnenrbit ANDI
RESUME BELAJAR MENULIS BERSAMA OM JAY
Rabu, 22 April 2020.
Setelah semalam sempat ikut kuliah
bareng dengan Zoom bersama Om Jay. Hasilnya adalah mendapat sedikit gambaran
untuk penyelesaian tugas maka malam ini masuk kelas harus dengan semangat yang
baru. Malam ini di kala hari ulang tahun pernikahanku yang ke 22 ..belajar Menulis bersama OM Jay tetap berjalan.
Setelah seharian mengerjakan beberapa tugas sekolah dan tugas rumah. Ditambah lagi
dengan kesibukan berkoordinasi dengan ibu ibu kompleks yang berniat melakukan
kegiatan social. Pagi- pagi sudah mampir ke panti asuhan untuk mencari nformasi
tentang anak anak asuhan panti. Bermusyawarah dengan ibu ibu tetap “stay at
home” melalui WA Grub
Om Jay mulai menutup chat hanya
admin yang dapat mengirim pesan. Pembelajaran dimulai. Para peserta sudah duduk
manis, tidk sabar menunggu Narasumber yang akan berbagi ilmu malam ini. Om Jay
mulai membuka dengan salam seperti biasanya. Menanyakan kabar kesehatn peserta dan mulai
memperkenalkan Narasumber. Malam ini kita akan mendapatkan materi baru dari pak
Edi S Mulyanta dari Penerbit Andi Yogyakarta. Moderator handal malam ini tetap
Mr. BamS dari Kota Bandung. Tararara… Om BamS mulai beraksi.
Selamat malam Pak Edi, atau saya
panggil Mas Edi saja ya 🙏 Ya sebelum Mas Edi
memberikan sambutan dan materinya, CV Singkat Sang Narasumber adalaaah….
Nama
: Edi S. Mulyanta S.Si, M.T.
Jabatan
: Publishing Consultant
Andi Publisher
TptLhr
: Jogjakarta/Tgl Lhr : 24 Mei 1969
Status
: Menikah
Istri
: Retna G.
Anak
: Nindita Saheka Ramadhani, Raditya Rizky Duanda
(alm), Naditya Tertia Alfarizky
Hobby
: Membaca, Menulis, Olah Raga, Musik
Fb
: https://www.facebook.com/edis.mulyanta
Blog
: www.sobatambyar.com
Pendidikan : S1 Geografi Universitas Gadjah Mada
Yogyakarta 1994
S2 Magister
Teknologi Informasi Fak. Elektro UGM Yogyakarta 2006
Riwayat Pekerjaan : Staff
LitBang Komputer PT. Wahana Semarang 1994-2000
Staff EDP
PT. Sanggar Film Semarang 1995-2001
Lab.
Komputer Proactive Yogyakarta 2001-2002
Dosen Tamu
Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta 2002
Staff Net
Business PT. Bayu Indra Grafika Yogyakarta 2002
Staff
Litbang Penerbitan ANDI Jogjakarta 2003-2004
Product
Development Penerbitan ANDI Jogjakarta 2004-2006
Biro Penerbitan Buku Umum (PBU)
Andi Jogjakarta 2006-2007
Manager
Operasional PBU ANDI Jogjakarta 2008 – 2019
Publishing
Consultant Andi Publisher 2020- Sekarang
Karya tulis buku :(Lihat
di https://scholar.google.co.id/citations?user=tYwUNqsAAAAJ&hl=en&oi=ao)
Lebih Mahir
Word 2019, Untuk Penulisan Ilmiah, 2019
Lebih Kreatif
dengan Adobe Photoshop CS4 2008
Corel Draw X4
2008
Teknik Modern
Fotografi Digital 2007
Pengolahan
Digital Image dengan Photoshop CS3 2007
Menyusun Karya
Tulis Ilmiah Menggunakan MS Office Word, 2006
Special Workshop:
Teknik Airbrush Menggunakan Photoshop CS2 2005
Menjadi Desainer
Layout Andal dengan Adobe InDesign CS 2005
Pengenalan
Protokol Jaringan Wireless Komputer 2005
Trik &
Teknik Profesional CorelDraw 12 2004
Kupas Tuntas
Ponsel Anda 2003
Hemmm….. CV Pk Edi sangt
panjang..tentu ilmunya banyak juga nih… Siap untuk menimba ilmu dari beliau. Dan
ternyata Pak Edi super sibuk ya… kita sudah masuk kelas, Pak Edi bru pulng
kantor. Woow..energinya luar biasa. Silahkan minum dulu Pak…untuk persiapan
klas kita. Semngat…!!! Yang menarik bagi saya Pak Edi yang bekerja di Penerbit.
Mlipir jalur kedinasan sebentar untk menimb ilmu sebanyak banyaknya.
Tanpa basa basi panjang lebr Pak
Edi memulai menuangkan ilmunya kepada kita. Saat ini penerbitan sedang betul
betul di uji ketahanannya. Pada kondisi
terkini di outlet penerbitan harus tutup karena ikut terdampak pandemi yang
luar biasa. Sehingga penerbit harus mengubah haluan secara mendadak.Darah
penerbitan adalah karya tulis dari penulisnya. Sebuah Karya tulis tersebut
dapat diubah menjadi sebuah media buku yang dapat dinikmati pembacanya melalui
outlet outlet pemasaran baik toko buku, kampus, sekolah, dan pembaca secara
langsung.
Setiap penerbit telah diberi kepercayaan
berupa ISBN dari perpustakaan nasional. ISBN ini sebagai penanda setiap terbitannya.
Penerbit yang berISBN dinaungi di bawah IKAPI sebagai lembaga yang ditunjuk
pemerintah untuk mewadahi setiap penerbit di luar penerbit kampus. Penerbit di
bawah IKAPI secara alamiah memilih jalur masing-masing sesuai passionnya dalam
menerbitkan buku. Dengan ber ISBN, suatu penerbit mendapat mandat sebagai media
dari seorang pebulis dengan pembacanya.
Sebagai penulis, sebaiknya memahami
ciri khas terbitan setiap penerbit. Tentunya bertujuan agar tulisannya sesuai
dengan misi penerbit tersebut. Walaupun ada penerbit yang dapat menerbitkan
segala tema di setiap terbitannya. Penulis, dapat mengirimkan usulan dan
proposal terlebih dahulu untuk menjajagi apakah jalur tulisannya sudah sesuai
dengan visi dan misi penerbitan. Hal ini untuk menghemat waktu dan biaya dalam
memersiapkan tulisannya.
Setiap penerbit, mempunyai SOP
dalam memilah dan memilih tulisan untuk dijadikan komoditas industry. Tujuan
utama tentunya adalah terbitannya dapat terserap di pasar dengan cepat. Penerbit
mempunyai peta pasar yang dia rekam dari outlet outletnya nya, sehingga instink
penerbitan yang telah lama bergelut di bidangnya akan semakin terasah. Dari
melihat judul, outline, dan siapa penulis, terkadang penerbit dapat
memproyeksikan pasar buku yang menjadi sasarannya
Kunci pertama bagi penulis adalah
pemilihan judul tulisannya, harus baik, pangsa
pasarnya yang akan dituju jelas. Melakukan
sedikit riset pesaing adalah salah satu caranya. Penulis dapat dengan gamblang metawarkan
tulisannya ke penerbit. Apalagi tema yang ditulis tersebut ternyata tema yang
baru, perlu tambahan data riset kecil yang tidak gampang untuk memengaruhi
penerbit. Penerbit lebih cenderung mencari tema yang secara data pemasaran
sudah ada, sehingga gambling dalam membiayai penerbitannya memunyai risiko yang
semakin kecil untuk tidak terserap di pasar.
Kirimkan hasil tulisan ke
beberapa penerbit. Apabila penulis belum berpengalaman bekerjasama dengan
penerbit, maka bersiaplah untuk tetap semangat menghadapinya. Penerbit akan
menyeleksi tulisan, dengan beberapa pertimbangan. Paling banyak porsi pemasaran
sebagai pertimbangan utamanya. Berikan sedikit penjelasan pasar sasaran, dengan
data-data angka akan lebih menarik. Sebagai contoh, saat ini buku yang sangat
dicari adalah buku tentang Covid-19. Cari secepatnya apa, bagaimana, virus
tersebut. Apakah buku yang kita tulis betul betul mempunyai manfaat pada
pembaca. Pesaing buku apakah sudah ada apa belum. Penulis perintis pertama
biasanya dapat menikmati pasar awal yang cukup menarik. Biasanya tulisan
pertama memunyai kualitas yang belum baik, akan tetapi mengejar momen yang
cukup bagus.
Penulis follower biasanya
mempunyai penyajian materi yang lebih baik
akan tetapi terkadang menikmati pasar sisa dari para penulis perintis. Penulis
perintis effort awal lebih banyak, dan terkadang mempunyai risiko tidak laku
juga besar. Penerbit akan sangat tergantung dari tawaran awal dalam proposal
dalam menentukan penerbitannya. Poposal buku akan semakin sempurnya, jika
penulis telah melakukan proses tulisan bukunya minimal 50% dari rencana
keseluruhan. Supaya proses penyelesaian tulisannya tidak terlalu lama. Penerbit
biasanya memberikan waktu yang beragam untuk menyelesaikan tulisan tersebut.
Ada beberapa kendala terkait
dengan proses penerbitan buku. Banyak penulis yang menebar proposal banyak,
akan tetapi finishing tulisannya lambat. Hal ini akan menghambat proses
produksi bukunya. Sehingga terkadang penerbit akan memilih tulisan yang lebih
dahulu selesai. Hal inilah diperlukan manajemen waktu penyelesaian tulisan
penulis, supaya dapat segera diproses di penerbitannya. MAka anda termasuk yang
bias tepat waktu atau tidak. Inilh tantangan
bagi penulis yang masih awal.
Tanpa ada antrian proses
penerbitan buku memakan waktu antara 2 minggu hingga 1 bulan paling lama. Yang
membuat lama adalah proses antrian, baik dari sisi penulis maupun beberapa
bagian di penerbitan. Proses penerbitan yang cukup panjang waktunya tersebut
melalui beberapa tahap, yaitu:
1.
Administrasi penerbitan awal
2.
Editing
3.
setting layout
4.
desain cover
5.
proses produksi.
Agar proses administrasi berjalan
lancar maka persiapkanhal- hal berikut:
1.
Kelengkapan naskah, dari Judul-Sub Judul, Nama
Pengarang, Kata Pengantar, Prakata, Daftar Isi, Bab, hingga Sinopsis.
2.
Penulis harus jeli melengkapi hal demikian,
karena biasanya sebelum lengkap, proses selanjutnya tidak akan dijalankan.
Proses editing, akan lebih mudah
jika penulis sudah memahmi pengetahuan ejaan, pemilihan kata, kalimat, paragraf
hingga hirarki bab yang baik dari penulis. Kelemahan penulis biasanya tidak
clear saat menentukan hirarki bab, paragraf, kalimat, kata, dan pemilihan
fontasi Tentu proses ini akan dibantu oleh Editor. Akan tetapi apabila penulis
telah menata dengan baik, maka kerja editor akan lebih fokus ke dalam bagaimana
memilih efektifan kalimat, dan struktur bab yang baik.
Setting layout juga mempunyai
peranan yang penting, karena menentukan ukuran buku, jumlah halaman, dan
keindahan halaman per halaman. Titik krusial ada di sini, karena dengan
pengaturan halaman yang baik, makan harga buku akan dapat efektif di tentukan. Hal
ini juga diperlukn untuk efisinsi biay produksi. Harga buku yang menarik, akan
cuku memengaruhi pembeli dalam memutuskan akan menikmati buku tersebut atau
meninggalkannya.
Desain cover, juga memunyai
peranan strategis dalam sebuah buku. Apalagi tipikan pembeli buku di Indonesia
adalah didasarkan dari keindahan dan seberapa menarik cover buku. Tipikan
pembaca buku di indonesia adalah, sight seeing, sehingga cover sangat penting
sekali dalam pemasaran buku. Setiap penerbit mempunyai data juga bagai mana
cover yang menarik, dan terbukti mendongkrak pemasaran.
Perlu kerjasama yng baik antara
penerbit dan penulis. Saat proofing, penulis sebaiknya memberikan beberapa
perbaikan ide untuk lebih memperkuat pasar buku yang ditulisnya. Kerjasama yang
baik dari penulis, dan pengetahuan data dari penerbit akan dapat menentukan
keberhasilan tulisan untuk terserap di pasar. Kerjasama baiknya dijalin
sedemikian sehingga ada chemistry antara penulis dan penerbit.
Akan tetapi dari pengalaman kami,
tidak ada buku Best Seller yang By Design. Artinya, banyak buku Best Seller di
Indonesia, terkadang karena karunia semata. Jadi jangan takut menawarkan
tulisan anda ke penerbit. Pada dasarnya penerbit juga “trial and error” dalam
menerbitkan bukunya. Dengan pengalaman,
dan intuisi terkadang dapat membantu untuk menghindari kerugian akibat
terbitannya tidak laku di pasar.
Woow…keren… jadi sedikit melek
melihat dunia penerbitan. Ini sih bukan
sebagian kecil pengetahuan Pak Edi… Semoga dapat menambah pengetahuan bapak dan
ibu sekalian dalam mencoba memasukkan tulisannya ke penerbit penebrit di
Indonesia. Ini akn membuat kita semua ingin segera menari diatas keyboar biar
apa yang ada didalam "benak" bisa jadi kalimat-kalimat yang
menghasilkan royalti. Maka sampailah pada sesi Tanya jawab…
Menjawab pertanyaan dari Pak
Supyanto dari Kota Bekasi tentang riset pasar. Menurut Pak Edi, Riset pasar
yang dilakukan pertama kali paling penting, siapa sasarannya. Buku sekolah
pasarnya sangat besar sekali, di banding buku masak. Kemudian pesaing, buku
dengan pasar besar pesaingnya banyak, nah ini perlu strategi pemosisian
kedalaman materi. Apakah buku kita lengkap, atau hanya buku pengayaan. Perlu
diputuskan segera, supaya tidak terjadi tabrakan materi buku dengan pesaing.
Menjawab pertanyaan dari bu
Noralia Semarang:
1. Ini kondisi sangat berat
sekali. Perlu bapak ibu ketahui bahwa hampir 90 % outlet penerbitan sekarang
tutup. Kampus dan sekoah tutup semua tidak ada aktifitas. Omzet kami betul-betul
turun hingga ke titik nadir. Kami harus berjuang hingga 3 bulan ke depan untuk
menanti masa panen di tahun ajaran baru.
Dalam 3 bulan ke depan merupakan
titik hidup mati penerbitan, karena jika tidak dapat melewatinya, banyak sekali
penerbit di bawah ikapi akan gulung tikar.
Sementara pasar On Line di
Indonesia belum tumbuh untuk pasar buku, sehingga kami haru menahan lapar
sejenak untuk 3 bulan ke depan semoga pandemi ini akan reda.
2. Hasil penelitian, biasanya
tergantung sekali dengan tujuan penelitian dan hasilnya. Pasar penelitian di
Indonesia sangat kecil sekali, sehingga terkadang pasar yang di sasar adalah
pasar captive market, atau pasar yang sudah memahami betul materi bahasan.
Pasar ini disebut niche market atau pasar ceruk.
3. Buku yang terbukti masih laku
di Toko Buku adalah
Rangking pertama adalah buku
Anak, buku dongeng, cerita bergambar, komik. Kami sarankan buku yang mempunyai
value bagus untuk pendidikan karakter. Kemudian buku, keagamaan, motivasi, dan
buku sekolah.
Jawaban Pak Edi tentang pertanyaan
bu Iin Kediri. Prioritas pertama adalah peristiwa, hal ini kami tidak sengaja
menemukan tulisan tentang Virus, saat corona di Wuhan bulan Desember 19 dan
Januari 20, ada penulis kami yang telah melakukan riset tersebut. Dan buku kami
yang best seller saat ini adalah buku Covid-19, walaupun tulisannya kualitasnya
belum begitu sempurna. Buku Laskar Pelangi, adalah buku terlaris di Indonesia,
timing yang tepat saat itu adalah adanya Muktamar Muhammadiyah, dan buku itu
meledak luar biasa dari mulut ke mulut awalnya, word of mouth.. ingat
Muhammadiyah umatnya luarbiasa.. nah itulah target awal buku tersebut.
Tentang kiat memperlancar proses
penerbitan. Banyak penulis yang menebar
proposal banyak, akan tetapi finishing tulisannya lambat. Hal ini akan
menghambat proses produksi bukunya, sehingga terkadang penerbit akan memilih
tulisan yang lebih dahulu selesai. Hal inilah diperlukan manajemen waktu
penyelesaian tulisan penulis, supaya dapat segera diproses di penerbitannya. Strateginya,
saat menulis proposal, materi buku harus sebaian besar telah tertuliskan baik
dalam bentuk draft atau masih outline detail. Sehingga waktu penyelesain dari
usulan ke naskah lengkap tidak terlalu lama, untuk mengejar momen. Usulkan
beberapa bab yang telah di tulis sebagai tambahan informasi ke penerbit,
sehingga penerbit akan tahu gaya tulis penulis tersebut.
Ada bebeapa aturan yang dimiliki
oleh Penerbit Andi. Aturan tata letak biasanya mengikuti aturan internal kami,
dan untuk buku pendidikan mengikuti aturan-aturan yang ada disesuaikan dengan
tingkat jenjang pendidikan. Fontasi, jenis gambar, jenis illustrasi yang harus
dipenuhi untuk terbitan buku pelajaran. Selain itu aturan tata letak biasanya
diatur secara internal penerbitan, mengikuti tema buku yang diusulkan. Penulis
dapat memberikan kisi-kisi tata letak yang diinginkan, misalnya jenis huruf,
kolom, text book, atau side note dan lain-lain. Kemudian akan diterjemahkan
oleh desainer layout kami untuk disesuaikan dengan mesin-mesin cetak. Sebelum
cetak, biasanya penulis akan diminta melakukan proofing materi, sebelum
diproduksi massal.
Jika 1 tulisan diterima di beberapa penerbit, maka yang harus
dilakukan adalah dengn pertimbangan siapa penerbit
yang tercepat memutuskan menerima itulah yang dipilih. Untuk buku-buku momen
tertentu hal ini diperlukan, misalnya momen Ujian Nasional (walaupun sudah
dihapus), Momen penerimaan PNS dll.
Pak Edi menjawab pertanyaan dari
bu Siti Fatimah Mojokerto
1. Penerbit Andi adalah penerbit
buku pendidikan baik dari pendidikan dasar menengah hingga perguruan tinggi. Juga
menerbitkan buku umum, non politik dan non agama
2. Buku yang diterima adalah buku
yang punya life cycle atau daur hidup yang panjang, karena akan menguntungkan
di jangka yang amat panjang. Buku trnding topic, biasanya berumur pendek dan
jarang sekali terjadi cetak ulang atau repeat order dari toko buku, sehingga
cepat beralalu momennya. Buku kami yang abadi adalah buku referensi untuk
perguruan tinggi, ada yang berumur 30 th masih bagus pasarnya.
Menjawab pertanyaan dari Pak
Mukminin, Pak Edi menjwb dengan cukup bijaksana. Kita menjadi tidak berkecil
hati. Kelemahan antologi kisah inspiratif, atau antologi cerpen adalah pasar
yang sangat kecil. Peminat buku seperti ini biasanya tergantung penulisnya,
dalam arti komunitas penulis, lingkungan social medianya, sehingga market
sasarannya menjadi kecil atau niche market.
Tapi jangan berkecil hati,
Raditya Dika awalnya dipandang sebelah mata oleh penerbit, karena beliau hanya
nulis blog-blog yang tidak bermutu, tapi Fun buat generasi milenial. Awalnya
pasarnya Niceh Market, akan tetapi berkembang social medianya karena
followernya banyak.. akhirnya bukunya best seller semuanya, walaupun secara
value naskahnya kurang bagus, tapi nilai pasarnya sangat besar.
aslkm, selamat malam, terimakasih
banyak buat penjelasannya yg luar biasa....
Pertanyaan dari Bu Maya Trisia dari Lampung lur biasa. Pak Edi
mengatakan bahw Naskah Motivasi, termasuk naskah primadona, karena menghasilkan
keuntungan yang luar biasa. Apalagi jika penulisnya rajin promosi karena
motivator terkenal, bukunya bak kacang goreng. Buku motivasi, cukup menarik
semua penerbit. Akan tetapi tergantung kreativitas penulis dalam memaparkan
ide-idenya. Buku motivasi yang baik pasarnya, memang melekat pada nama-nama
terntentu di Indonesia. Dulu ada Mario Teguh, di mana bukunya luar biasa
tanggapan pembacanya. Tung Desem Waringin, sangat fenomenal. Akan tetapi
ternyata buku-buku motivasi tidak pernah surut terbitannya. Terbukti buku
motivasi-motivasi berbasis agama, menjadi trend yang luar biasa. Kreativitas
penulis menjadi tumpuan utama buku motivasi, sehingga jangan ragu-ragu
brainstorming dengan pnerbit untuk menerbitkan buku motivasi di Indonesia. Cari
peluang-peluang baru saat Pandemi Covid-19 yang memorak porandakan motivasi
kita... ini lahan yang luar biasa untuk membuat buku motivasi.
Woooow… tepuk tangan yang keraaas….tapi dalam hati saja krena sudah malam. Khwatir mengganggu
tetangg sebelah. Diberi nomor Pak Edi sedikit mengurngi kegalaun. Nomor yang bisa
dihubungi di 08112936864 atau email di edis.mulyanta@gmail.com.
Kita doakan agar Penerbitnya tetap sehat
Amiin . Terima
kasih Pak Edi. Mr. BamS dan juga Om Jay tentunya
ayo terbitkan bukumu
BalasHapusmohon bimbingan Suhu....
Hapusyep...lengkap
BalasHapustapi masih lamban nih....
HapusKomplit. Ok
BalasHapusaku mau menyusul Cakinin.....
HapusMantuuul
BalasHapusbetuuuuul....... terima kasih....
HapusSemangattt
BalasHapussemangaaaaat.......
Hapusmantab
BalasHapusterim kasih...
Hapusjooz
BalasHapusgandhooos.....matur tengkyu....
HapusMantap...
BalasHapushttps://etiknurintobantarbolangpemalang.blogspot.com/2020/04/cara-menulis-dan-menerbitkan-buku-di.html
matur nuwun...
HapusKeren
BalasHapusterima kasih...
HapusKeren....fast respond...semoga bukunya bisa terbit
BalasHapusheem......harus banyak belajar dari ahlinya...Ini....
BalasHapusberjalan takharus cepat...hati hati tetapi pasti....
BalasHapus