Menulis dan Berprestasi


RESUME MATERI PAK SIGIT

Narasumber : Sigit Suryono, S.Pd., M.Pd.
Juara pertama guru berprestasi tingkat nasional untuk jenjang SMP (2015) dan Duta rumah belajar kemdikbud (2018)
web: ciget.info maupun di inobel.id. ( : Contoh Portofolio Gupres)
Materi : Menulis dan Berprestasi


Pada hari Jumat ,17 April 2020), Satu minggu tergabung di grub WA Belajar menulis bersama Om Jay. Waktu demi waktu, sedikit demi sedikit ilmu bertambah. Tapi rasanya masih belum memahami apa yang dimaksudkan. Om Jay dengan semangatnya memotivasi semua peserta. Walaupun terasa seperti berlari marathon. Dengn terengah engah dan mesti sama dengan peserta lainnya. Kulihat teman teman sudah jauh mendahuluiku. Sampai kapan ya..aq musti berlari secepat ini, Teman temn star mulai angka 1. Aku mulai berlari ketika mereka sudah di angka 9. Jauh banget ya... tetapi...semangaaat   . 
Malam ini aq harus duduk di kelas lebih tekun. Jika bisa tidak boleh meleng. Narasumbernya berasal dri daerah yang sama denganku Wonosaari Gunungkidul. Pak Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd., yang mendapat anugerah sebagai  Guru Berprestasi untuk jenjang SMP pada tahun   2015. Beliau mengajar di SMPN 1 Wonosari, Gunungkidul Yogyakarta. Pada tahun 2017 Beliau  bersama istri membuat  buku kumpuln cerpen selama 9 tahun yang berjudul 'Aku ingin menghitung rembulan'. Buku tersebut berhasil menjadi salah satu desiminator terbaik literasi smp tingkat nasional. Beliau mempunyai banyak cerita diupload di web beliau yaitu ciget.info maupun di inobel.id. Selain menulis huku Pak Sigit juga meraih juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Nasional pada Tahun 2015. Persiapan  Pak Sigit untuk mencapai kejuaran tersebut dimulai sejak awal bekerja di SMP Negeri 1 Wonosari. Sejak CPNS sudah berkeinginan untuk menjadi guru yang berprestasi. 

Pada tahun 2006 Pak Sigit sudah menyelesaikan S2 untuk jurusan Teknologi Pembelajaran. Beliau menjadikannya sebagai keahlian yang belum dimiliki oleh teman teman guru lainnya. Sejak itu beliau memanfaatkannya untuk mengembangkan diri. Pak Sigit mulai diminta untuk mengajar powerpoint, flash, blog, dan lain-lain dari sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Gunungkidul, lintas MGMP, bahkan juga diminta untuk menjadi trainer kegiatan di tingkat kabupaten maupun tingkat propinsi.

Strategi atau kiat Pak Sigit dalam mengikuti lomba tingkat nasional antara lain:
1.      Mempersiapkan diri untuk berkarya dengan sebaik-baiknya  
2.      Karya yang disertakan dalam lomba bukan karya yang instan artinya karya yang dibuat dibuat secara singkat dan cepat
3.      Karya yang berkualitas berisi jiwa dan ruh kita, semangat kita.
4.      Jika lolos ke nasional perlu dicermati tentang kriteria  penilaian apakah karyanya ataukah presentasinya (hal ini sangat penting saat kita mengikuti suatu lomba),
5.      Persiapan  diri, pribadi, mental dan harus fokus
6.      Saat presentasi lomba, fokus pada materi yang akan kita sampaikan, jangan sampai keluar dan menyimpang dari presentasi yang kita siapkan karena akan banyak memakan waktu.

Kegagalan-kegagalan beliau di awal mengikuti lomba di tingkat nasional antara lain pada saat pemaparan keluar jalur yaitu bukan pada pokok media atau penelitian yang dibuat. Sebagai contoh perkenalan personil tentang siapa, prestasi apa yang miliki, membanggakan organisasi, sekolah, maupun yang lainnya. Mestinya harus fokus pada media yang dipresentasika. Beliau pernah gagal di ajang inobel tahun 2009 karena kehabisan waktuintu menjadi pengalaman pahit. Perlombaan itu pasti hasilnya gagal atau juara. Jika gagal maka kita harus melakukan evaluasi. kalau menang jangan jumawa karena suatu saat bisa juga kita akan kalah ketika tidak bisa kontrol diri "AKU-nya muncul" sehingga saat presentasi di lomba lain bisa kalah dengan orang lain. Maka saran pak SIgit adalah terus belajar-belajar-dan belajar, belajar dimana saja, kapan saja dengan siapa saja" (seperti slogan Rumah Belajar).


 
CaraPak Sigit untuk bisa menjadi juara guru berprestasi tingkat nasional tahun 2015? Antara lain:

1.      Mencari Pedoman Pemilihan Guru Berprestasi pada tahun penyelenggaraan dilaksanakan jika belum keluar pedomannya dapat menggunakan pedoman pada tahun sebelumnya.
2.      Mencermati isi dari pedoman tersebut berkaitan dengan proses penilaian dari tingkat Kabupaten, Tingkat propinsi, dan tingkat Nasional.
3.      Membuat portofolio 8 tahun terakhir sesuai dengan ketentuan dari buku pedoman pemilihan guru berprestasi. Semua karya bapak ibu guru yang sudah dibuat selama 8 tahun terakhir, untuk bukti fisik berupa Surat tugas, piagam, dll, diligalisir oleh atasan langsung.
4.      mempersiapkan naskah inovatif dan sesuaikan cara penulisannya sesuai dengan kaidah penulisan masing-masing karya. Tampilkan karya inovasi terbaik yang bapak/ ibu guru miliki dan selalu memperhatikan dari buku pedoman pemilihan guru berprestasi tingkat nasional.[ karya bisa berupa PTK, best practice, maupun penelitian yang lainnya seperti penelitian eksperimen, penelitian R&D, dll] jangan lupa buat presentasinya menggunakan Ms Powerpoint atau yang lainnya.
5.      Membuat  makalah evaluasi diri tentang kelayakan sebagai guru berprestasi dengan tema dan tata penulisan sesuai dengan ketentuan pedoman guru berprestasi. ( sesuaikan kondisi )
6.      Mempersiapkan video pembelajaran untuk satu tatap muka yang mencerminkan proses pembelajaran yang benar sesuai dengan rpp yang kita buat. [ syarat bagi  yang maju ke tingkat nasional]
7.      Mengikuti trahapan- tahapan seleksi guru berprestasi dari tingkat kabupaten sampai nasional.

Kegiatan penilaian gupres di masing-masing jenjang seperti yang sudah Pak Sigit ikuti pada tahun 2015 meliputi:

Tahpan Lomba Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Gunungkidul:
1.      Test tertulis meliputi Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional
2.      Test Wawancara meliputi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Prefesional, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Kepribadian.
3.      Presentasi dan wawancara Karya Tulis Ilmiah.

Tahapan Lomba Guru Berprestasi Tingkat Propinsi DIY
1.      Test tertulis meliputi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Profesional
2.      Test wawancara meliputi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Profesional
3.      Psikotest
4.      Presentasi dan wawancara Karya Tulis Ilmiah.

Tahapan Lomba Guru Berprestasi Tingkat Nasional
1.      Test tertulis meliputi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Profesional
2.      Test wawancara meliputi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Sosial, Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Profesional
3.      Psikotest
4.      Presentasi dan wawancara Karya Tulis Ilmiah.

Dari banyak pertanyaan yang diajukan kepada pak Sigit dapat disimpulkan”
1.      Jangan mudah menyerah
2.      Belajar dan terus belajar dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja
3.      Melakukan strategi atau kiat menyesuaikan dengan kondisi
4.      Menang cacak kalah cacak
5.      Jangan lupakan orang orang yang selalu mensuport kita
6.      Berimprovisai dan berkolaborasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CINTA SELEBAR DAUN KELOR

PUISI_SECARIK KERTAS PROKLAMASI

Puisi: POLITIK ETISH